Dimana Level Skill Kita ?

Bicara tentang skill atau keahlian tentunya menarik perhatian kita. Skill adalah kemampuan dan kecakapan kita terhadap suatu bidang tertentu. Nah pastinya kita semua memiliki skill tertentu, biasanya sih berhubungan dengan pekerjaan sehari-hari. Anda yang seorang arsitek tentu ahli dalam menggambar bangunan. Anda yang seorang penyanyi tentu jago dan tidak canggung saat naik panggung untuk bernyanyi. Saya sendiri seorang programmer,  atau lebih senang disebut “Orang IT”, sangat terbiasa dengan software development.

Ada 4 (empat) level atau kuadran skill, seperti gambar diatas tadi, asli coret-coretan saya sendiri hehehe.

Level 1 : Tidak Tahu – Tidak Bisa, ini level paling bontot, faktanya ia tidak memiliki skill dan ia tidak tahu kalau ia tidak memiliki skill, di level ini jika seseorang terlalu banyak ‘bicara’, kita punya label yang cocok buatnya, yaitu “Sok Tahu”

Level 2 : Tahu – Tidak Bisa, ini level dimana seseorang menyadari bahwa dirinya tidak (belum) memiliki skill. Di titik ini biasanya proses pembelajaran mendapatkan pemicunya. Ia sadar untuk bisa atau memiliki skill maka ia harus mencari tahu dengan belajar dan latihan. Kita bisa menyebutnya “Sang Pembelajar”.

Level 3 : Tahu – Bisa,  ini level saat seseorang menyadari jika ia memiliki skill dan siap untuk digunakan, disini biasanya seseorang menggunakan skillnya untuk tujuan tertentu. Dalam setiap proses biasanya penuh dengan pemikiran agar selaras antara skill dan pekerjaan yang direncanakan. Di level ini cocok jika kita sebut “Profesional”.

Level 4 : Tidak Tahu – Bisa, ini yang biasa disebut level “Master”, dimana seseorang tidak merasa atau tidak menyadari, atau tidak perlu berpikir lagi bahwa dia memiliki skill. Ia hanya menjalankan saja segala sesuatu (pekerjaan) dengan asyik dan nyaman dan biasanya hasilnya akan selalu sesuatu dengan harapan (rencana). Di level ini seseorang hanya berfokus pada target tanpa khawatir dengan prosesnya, karena sudah di level “Master” maka semua sumber daya seakan-akan sudah “built-in” dalam dirinya.

Dengan mengetahui keempat level atau kuadran skill tadi, kita sudah bisa memposisikan ada di level manakah skill kita saat ini. Saya pribadi untuk urusan IT (software development) rasa-rasanya ada di level 3,  dan mudah-mudahan bisa sampai ke level 4. Nah bagaimana dengan level skill Anda ?

Note : istilah “Sok Tahu”, “Sang Pembelajar”, “Profesional” dan “Master” hanyalah titel yang saja berikan secara pribadi, untuk memudahkan saya dalam mengingat tiap level tsb.

About the author

admin

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *