Review Buku – Steal Like An Artist

  • Judul Buku : Steal Like An Artist
  • Penulis : Austin Kleon

Buku ini terasa menarik, bahkan mulai dari covernya yang dominan warna hitam dengan tulisan putih dan attribute kuning. Berisi 10 hal yang menurut si penulis, hal-hal yang tidak seorangpun memberi tahu kamu tentang menjadi kreatif.

Saya coba uraikan saja ya, ke-10 hal tersebut dengan detailnya, supaya kamu gak penasaran apa sih isinya, kok kayaknya memprovokasi banget untuk menjadikan kita berani memulai karya, apapun itu.

1. Mencuri Seperti Seniman

Setiap ide pada dasarnya tidak ada yang orisinal, biasanya adalah hasil dari kumpulan, referensi dan pengetahuan yang tersebar, kadang kita juga sudah lupa dari masa sumber awalnya. Disini kita ditantang untuk selalu mencatat apapun yang pernah kita temui. Dan saatnya sudah cukup, maka kita bisa kolaborasikan semua itu menjadi sebuah ide atau gagasan. Saking banyaknya kombinasi awal tadi, maka ide kita seakan menjadi sebuah ide yang orisinal buatan kita sendiri.

2.  Untuk Memulai Tak Perlu Menunggu Sampai Kau Temukan Jati Dirimu

Ada fenomena yang disebut Impostor Syndrome yaitu, fenomena psikologis ketika orang meragukan kemampuan sendiri. Semakin banyak kita berpikir, biasanya orang dengan otak kiri dominan nih, kecenderungan syndrome tersebut semakin besar. Apalagi sekarang jaman google, kita sering gak pede berkarya, seakan semua harus sempurna dulu, kelamaan donk. Nah tips untuk mengatasi hal tsb, adalah dengan berpura-pura sudah mencapai hasil dari yang kita inginkan. Seperti saya sekarang nih, berpura-pura menjadi menulis yang handal, ahaha.

3. Tulis Buku Yang Menarik Bagimu

Baca buku yang kamu suka, tonton film yang menurut kamu keren atau dengarkan musik yang kamu tegila-gila karenanya. Setelah itu, cari tahu apa yang dirasa kurang dari situ, dan beranikan diri untuk mulai membuat karya.

4. Gunakan Tanganmu

Tidak semua harus dikerjakan dengan software di laptop. Disini penulis menganjurkan untuk membuat dua pojok kerja, digital dan manual. Untuk pojok (meja) manual, sediakan kertas, pulpen dan post-it. Bermain-mainlah dengan tangan kamu bersama peralatan manual tsb. Hmm ada benarnya sih, peralatan manual tsb biasanya bisa memicu syaraf otak kita lebih kreatif ketimbang hanya bekerja dengan laptop.

5.  Proyek Sampingan Dan Hobi Itu Penting

Rutinitas pekerjaan biasanya membuat kita jenuh dan hidup terasa stagnan. Untuk itulah penting mengerjakan proyek sampingan atau hobi. Kegiatan yang tanpa beban, tapi bisa membuat kita gembira dan lega. Biasanya saat-saat seperti itu, keajaiban sering terjadi.

6. Rahasianya : Kerjakan Dengan Baik Dan Berbagilah

Nah dari setiap proses berkarya, jangan segan untuk berbagi. Bisa melalui blog atau sosial media lainnya. Ketika kita sedang berbagi dengan orang lain, berarti kita sedang belajar. Bisa jadi akan banyak feedback dari orang lain yang membuat karya kita semakin bagus.

7. Lokasi Tak Lagi Jadi Masalah

Sekarang ini, lokasi sudah benar-benar tidak menjadi kendala dalam berkaya dan bergaul. Internet menjadikannya semua mudah. Kita boleh saja terkurung dalam ruang kerja yang terpencil, tapi hubungan sosial dengan orang lain bisa tetap terjaga, semua berkat internet.

8. Bersikaplah Baik (Dunia Ini Sempit)

Cara terbaik untuk membasmi musuh-musuhmu di internet ? abaikan  mereka. Cara terbaik untuk berteman di internet ? katakan yang baik-baik saja.

9. Jadilah Membosankan

Hindari hutang, susun anggaran kita sendiri, jalani hidup sesuai kemampuan, tolak budaya konsumtif.

Pertahankan pekerjaan tetapmu, karena itu menghasilkan uang, networking dan rutinitas. Temukan pekerjaan tetap yang bergaji layak dan masih menyisakan energimu diwaktu luang untuk berkarya. Pekerjaan tetap seperti itu memang sulit ditemukan, tetapi ada.

10. Kreatifitas Berarti Keterbatasan

Buatlah sesuatu karya dengan waktu, materi dan kemampuan yang kita punya saat ini. Jangan beralasan menunda karya karena keterbatasan sarana prasarana. Itulah mengapa orang-orang kreatif tetap menghasilkan karya dengan segala keterbatasan mereka.

Nah, demikian review buku Steal Like An Artist karya Austin Kleon. Semoga bisa mengispirasi teman-teman untuk menjadi orang yang kreatif dalam berkarya !

 

About the author

admin

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *